​Memompa ASI untuk bayi prematur


Memompa ASI untuk bayi prematur

  • Menyusui bayi prematur mungkin tidak mudah dilakukan. Beberapa bayi yang lahir sebelum usia kandungan 34 minggu mungkin belum mampu mengisap ASI dari payudara ibu, tetapi ia tetap membutuhkan ASI. Ibu tetap bisa memberikan ASI-nya dengan cara memompa ASI dan menempatkannya di botol susu untuk diminumkan kepada bayinya.
  • Memompa ASI dapat membantu kelancaran produksi ASI ibu. Sebaiknya ibu berada di samping bayi ketika sedang memompa ASI. Hal ini dapat membuat ibu dan bayi melepaskan hormon yang mendorong tubuh ibu untuk memproduksi ASI.
  • Pompalah ASI sesering mungkin, setidaknya 8 sampai 10 kali dalam sehari, termasuk sekali di malam hari. Memompa ASI secara teratur membantu tubuh Anda memproduksi ASI dengan lancar dan mencegah ibu mengalami mastitis (infeksi pada payudara). Usahakan untuk tidak membuat jeda antara waktu menyusui terlalu lama, yaitu tidak lebih dari 3 jam saat siang hari dan tidak lebih dari 5-6 jam pada malam hari.
  • ASI pertama yang keluar dari payudara ibu atau biasa disebut dengan kolostrum memiliki kandungan zat gizi yang sangat kaya dan diperlukan bagi bayi baru lahir. Sangat baik untuk memberikan bayi kolostrum segera setelah lahir karena hal ini dapat memperlancar produksi ASI selanjutnya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s