Ciri Fisik Bayi Prematur

Ciri Fisik Bayi Prematur

  • Tertutup Lanugo. Kebanyakan bayi yang dilahirkan secara prematur, seluruh tubuhnya akan ditutupi dengan lanugo atau rambut halus. Lanugo itu bisa menutupi di bagian wajah dan juga tubuhnya. Pada bayi yang dilahirkan secara normal, lanugo itu bisa hilang dengan sendirinya. Pada bayi yang dilahirkan dengan prematur, hilangnya lanugo tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan bayi yang terlahir secara normal.
  • Refleks Belum Sempurna. Bayi prematur akan memiliki ciri-ciri refleksnya belum sempurna, misalnya saja jika disentuh dan dipegang, bayi tersebut akan terlambat dalam merefleksnya. Yang belum sempurna yang lainnya adalah refleks hisapnya belum sempurna sehingga bayi akan kesulitan jika harus menyusui dari ibunya. Kebanyakan bayi yang lahir prematur, makanan dan minumannya akan dialirkan melalui selang infus.
  • Memiliki Kulit Tipis. Jaringan kulit pada bayi yang dilahirkan secara prematur belum terbentuk dengan sempurna sehingga kulit bayi prematur itu terlihat lebih tipis dibandingkan dengan kulit bayi yang dilahirkan dengan normal. Kulit yang tipis itu bisa membuat bayi yang dilahirkan secara prematur bisa terlihat pembuluh darah di jaringan kulitnya tersebut.
  • Kulit Merah. Bayi belum cukup umur namun sudah dilahirkan ke dunia ini memiliki kulit yang berwarna merah dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan dengan usia yang normal. Bayi dengan usia yang normal akan memiliki kulit putih hal itu disebabkan di tubuh bayi tertutupi dengan membran kulit putih. Membran itu bisa hilang saat bayi sudah berumur tujuh hari, sedangkan pada bayi prematur membran tersebut belum terbentuk sehingga warna kulitnya tidak putih melainkan berwarna merah.
  • Telinga Elastis. Karena organ telinganya belum terbentuk dengan sempurna, bayi yang terlahir belum cukup umur bisa memiliki tulang telinga yang elastis. Tulang tersebut sangat elastis dan sangat lunak, jika pada umumnya daun telinga akan sedikit kaku jika dipegang. Tulang pada daun telinga bayi akan sangat elastis dan juga sangat lentur.
  • Pernafasan Belum Sempurna. Ciri ciri bayi lahir prematur atau belum cukup umur akan memiliki pernafasan yang belum sempurna, bayi itu akan masuk ke ruangan khusus dengan bantuan selang oksigen di hidungnya. Penyebabnya adalah organ paru-paru bayi belum matang dan belum sempurna sehingga bayi jika hidup di luar rahim dia membutuhkan bantuan alat pernafasan berupa oksigen. 
  • Garis Tangan dan Garis Kaki Tipis. Lihatlah garis tangan dan garis kaki yang dimiliki oleh bayi tersebut. Garis-garis pada telapak tangan dan juga telapak kaki masih terlihat samar dan juga tipis. Hal itu dikarenakan garis pada telapak tangan dan telapak kaki belum terbentuk dengan sempurna.
  • Berat Badan Rendah. Bayi yang dilahirkan dengan belum cukup umur ciri-ciri yang bisa dilihat adalah bayi tersebut memiliki berat badan yang rendah. Berat badan yang rendah itu disebabkan oleh kurangnya umur bayi tersebut, jika bayi itu tidak prematur di dalam rahim dia masih bisa bertambah berat badannya dengan menyerap gizi ibu hamil yang dikonsumsi. Namun jika sudah dilahirkan dan belum cukup umur, bayi itu tidak akan bisa bertambah berat badannya kembali. Bayi yang lahir secara prematur memiliki berat badan kurang dari 2500 gram bahkan ada yang di bawah 2000 gram. Bayi itu pun akan terlihat lebih mungil dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan normal. 
  • Banyak Tidur. Bayi yang dilahirkan secara prematur akan lebih sering tidur dibandingkan terbangun. Memang bayi yang baru dilahirkan akan banyak tidur dibandingkan bergerak dan juga terbangun. Namun estimasi jam tidur pada pola tidur bayi yang dilahirkan secara prematur lebih banyak dibandingkan dengan bayi yang baru saja dilahirkan secara normal.
  • Ukuran Kepala Tidak Proporsional. Bahaya bayi lahir prematur akan memiliki ukuran kepala yang tidak proporsional. Jika dibandingkan dengan ukuran badannya, ukuran kepala akan lebih besar atau lebih kecil dibandingkan dengan badannya.
  • Tubuh Kurang Berisi. Jika kita meraba dan memencet bayi yang dilahirkan secara prematur, bayi lahir prematur yakni bagian tubuhnya tersebut kurang berisi. Selain itu, kulitnya tidak kencang dan juga kendor.
  • Suhu Tubuh Dingin. Saat bayi dilahirkan, suhu tubuh bayi akan terasa dingin dan suhu tubuhnya rendah. Oleh sebab itulah banyak bayi yang dilahirkan secara prematur harus dimasukkan ke dalam ruang inkubator yang ada penghangat tubuh bayinya.
  • Sesak Nafas. Jiika bayi dilepas oksigennya, bayi tersebut akan mengalami sesak nafas dan juga gangguan pernafasan. Oleh karena itulah bayi tersebut sangat bergantung pada selang oksigen yang dialirkan ke pernafasannya.
  • Tidak Memiliki Bulu Mata. Bayi yang dilahirkan secara prematur tidak memiliki bulu mata dan bola matanya agak menonjol ke luar. Hal itu dikarenakan pertumbuhan bulu mata dan alis matanya belum terbentuk secara sempurna. Berbeda halnya dengan bayi yang dilahirkan dengan cukup umur, bayi itu akan memiliki alis dan bulu mata yang sempurna.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s