Metode kangguru mungkin lebih baik dari inkubator untuk bayi prematur


Metode kangguru mungkin lebih baik dari inkubator

Terdapat metode yang dapat membantu bayi lebih cepat berhasil menyusu ASI langsung di payudara ibu. Metode ini bernama metode kangguru. Metode kangguru dilakukan dengan cara bayi diletakkan di dalam baju ibu tepat di bagian dada ibu sehingga kulit ibu langsung bersentuhan dengan kulit bayi. Bayi juga tidak memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuhnya, hanya dipakaikan popok.

Metode kangguru membantu bayi lebih cepat mampu menyusu di payudara ibu dan juga membantu ibu lebih banyak memproduksi ASI. Memeluk bayi di dada ibu dan bersentuhan kulit dengan ibu membuat bayi lebih hangat dan nyaman, serta kontak antara kulit ibu dan bayi dapat membuat ikatan yang erat antara ibu dan bayi.

Bahkan metode kangguru dianggap lebih baik untuk bayi prematur dibandingkan dengan bayi prematur ditempatkan dalam inkubator. Dilansir dari International Breastfeeding Centre, sebenarnya bayi prematur akan lebih baik jika kontak kulit dengan ibunya dibandingkan dengan ditempatkan dalam inkubator. Bayi prematur akan memiliki sistem metabolik yang lebih stabil saat kontak kulit dengan ibunya. Metode kangguru dapat membantu napas bayi lebih stabil, tekanan darah lebih normal, bayi lebih dapat mengatur kadar gula darahnya, dan temperatur tubuh bayi lebih normal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s