Peran Orang Tua Pada Perawatan Bayi Prematur

Peran Orang Tua Pada Perawatan Bayi Prematur

  • Bayi prematur yang berada dalam inkubator juga memerlukan kasih sayang dari orangtua melalui sentuhan-sentuhan halus pada kulit bayi. Orang tua bisa memasukkan tangannya melalui lubang inkubator yang memang bisa dibuka. Berikan belaian lembut pada tubuh bayi, mulai dari kepala, leher, badan, tangan sampai ke kaki bayi. Sambil membelainya, berbicaralah padanya dengan suara yang lembut. Tentu saja sebelum melakukannya, orang tua perlu meminta izin dahulu dengan dokter dan pihak rumah sakit.
  • Selain sentuhan, yang tak kalah penting adalah Anda tetap bisa memberikan ASI. Mengingat refleks mengisap dan menelan bayi prematur belum baik, apalagi organ pencernaannya pun belum bekerja sempurna, maka pemberian makan bayi haruslah dilakukan secara hati-hati. Tentu saja cara pemberian ASI bayi prematur ini berbeda dari bayi yang lahir normal. Yaitu, dengan memompa ASI lebih dahulu, baru kemudian diberikan kepada si buah ati melalui bantuan pipa halus.
  • Memang keinginan Anda untuk memberikan ASI dengan memeluk dan menyentuhnya untuk sementara waktu tidak bisa terwujud. Namun, anda toh, bisa melakukannya nanti ketika ia sudah pulang ke rumah. Yang penting, pada saat si kecil menjalani masa-masa kritisnya ini, anda telah berusaha melakukan yang terbaik yang memang bisa dan boleh Anda lakukan.
  • Sentuhan mempercepat pemulihan bayi. Penelitan yang dilakukan oleh Tiffany Field Saul Schanberg, Frank Scafi dan rekan-rekannya, psikolog perkembangan dari Touch Research Institute of The University of Miami School of Medicine, Florida, Amerika, menggambarkan perbedaan yang cukup signifikan terhadap efek sentuhan pada 20 bayi prematur yang baru dilahirkan dibandingkan dengan 20 bayi prematur yang tidak disentuh. Lewat pijatan yang dilakukan selama 10 hari, yang dilakukan 3 kali sehari selama 15 menit setiap kalinya, terungkap bahwa tubuh bayi-bayi yang disentuh lebih berat sekitar 20-47% ketimbang bayi-bayi dalam kelompok pembanding.
  • Belum lagi efek sentuhan yang dapat memberikan rasa aman dan kasih sayang pada si kecil. Sejak dilahirkan, seorang bayi akan mulai secara aktif mempelajari cara merasakan dan mengekspresikan cinta. la pun secara aktif mulai mencari sentuhan lembut, yang memang merupakan ekspresi pertama kasih sayang yang sekaligus akan memberikan rasa aman baginya, yang akan terus berpengaruh pada perkembangan emosi seorang anak.
  • Untuk mengejar “ketinggalannya” dengan bayi normal, setelah pulang ke rumah, Anda bisa terus melakukan sentuhan dengan bayi Anda, melalui cara yang dikenal dengan kanggaroo Care. Yaitu, memberi sentuhan kasih dengan cara mirip kangguru menggendong anaknya. Pengalaman ini ditemukan secara tidak sengaja di rumah sakit di Boston terhadap seorang bayi prematur yang diletakkan di dada ibunya (kulit bayi dan kulit ibu saling menyentuh). Dengan cara ini, ternyata kondisi bayi prematur membaik. Setelah diperiksa, ternyata kadar oksigen dalam darah bayi meningkat, sementara kadar karbon dioksidanya (CO2) menurun. Tekanan darah bayi pun stabil dan pernafasannya menjadi teratur. Rupanya, posisi menelungkup dan menempel di dada ibu itu mirip dengan suasana dalam rahim ibu, di mana suara pernafasan dan detak jantung ibu bisa terdengar bayi. lntinya, bayi merasa nyaman dan tenang. Sejak itu, cara ini menjadi model untuk perawatan bayi prematur.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s